Dari 6 Lembaga Survei, Hanya 1 yang Nyatakan Ahok Menang


Sekitar enam lembaga survei di Indonesia telah merilis data terkait siapa yang paling unggul untuk memenangkan pilkada DKI 2017.
Survei yang dirilis dalam satu bulan terakhir ini menyebutkan, gubernur DKI pejawat Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hanya unggul di satu survei yakni di Lembaga Survei Indonesia.
Dari hasil survei terbaru LSI , elektabilitas untuk cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berada di angka 32,9 persen, Agus Harimurti Yudhoyono berada di angka 25,1 persen, dan Anies Baswedan berada di angka 23 persen. Sedangkan 18,8 persen lainnya merupakan responden yang tidak menjawab atau rahasia.
Sementara itu, sebanyak lima lembaga survei mempunyai data yang berbeda. Dari hasil survei kelima Lembaga tersebut dapat diihat jika elektabilitas Ahok kalah bersaing dengan pasangan Agus-Sylvi. Berikut hasil survei lima lembaga yang dilansir Republika.
LKPI
Lembaga Konsultan Politik Indonesia atau LKPI menyebutkan, elektabilitas yang dimiliki pasangan Agus-Sylvi yaitu sebesar 30,4 persen, pasangan Anies-Sandiaga 28,7 persen, sedangkan pasangan Basuki-Djarot berada di 27,4 persen. Survei ini dirilis LKPI pada 14 November lalu.
Indikator
Lembaga survei Indikator yang digawangi Burhanuddin Muhtadi ini menunjukkan elektabilitas Agus mencapai 30,4 persen pemilih. Kemudian di peringkat kedua ada Ahok dengan 26,2 persen serta Anies 24,5 persen. Survei ini dirilis pada 24 November lalu.
Charta Politika
Dalam rilisnya 29 November lalu , Charta Politika menyebutkan tingkat elektabilitas Agus-Sylvi 29,5 persen, Ahok-Djarot 28,9 persen, dan Anies Sandi 26,7 persen.
LSI Denny JA
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Dari survei yang dilakukan 3-8 Desember 2016, mayoritas warga Jakarta menginginkan adanya gubernur baru. Elektabilitas Agus sebesar 33,6 persen, Ahok 27,1 persen dan Anies 23,6 persen.
Poltracking
Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyebut tingkat elektabilitas Agus-Sylvi sebesar 27,92 persen. Kemudian disusul Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot mendapatkan 22 persen. Sedangkan pasangan nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, memperoleh 20,42 persen. Sementara pemilih yang belum menentukan, sebesar 29,66 persen. Survei dirilis pada 27 November lalu. [beritaislam24h.net / ipc]
loading...

Subscribe to receive free email updates: