Jurus Prabowo di Tengah Warga Jakarta Membuat Elektabilitas Anies-Sandi Kian Meroket


Lembaga Indonesia Survey Center (ISC) merilis hasil survei terbaru mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017. Hasil survei tersebut menempatkan pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni pada tingkat elektabilitas 22,57 persen, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat 29,42 persen dan Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno sebanyak 42,13 persen.

"Ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan temuan pada survei sebelumnya yang dilaksanakan pada 24-26 Januari 2017. Yang menyebutkan dukungan terhadap Anies-Sandi mengalami peningkatan dari sekitar 41,74 persen menjadi 42,13 persen," ujar Direktur Indonesia Survey Center (ISC) Saif Saefudin di Jakarta, Sabtu (11/2/2017).

Sementara itu, Saif menjelaskan bahwa pasangan petahana Ahok-Djarot sedikit mengalami penurunan dari 30,04 persen menjadi 29,42 persen. Begitu pula, lanjutnya dengan Agus-Sylvi memiliki penurunan dari 24,95 persen menjadi 22,57 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan diketahui mengalami peningkatan dari 3,27 persen menjadi 5,88 persen.

"Elektabilitas pasangan Anies-Sandi mengalami kenaikan sebesar 0,39 persen, sedangkan pasangan Ahok-Djarot dan Agus -Sylvi masing-masing terjadi penurunan sebesar 0,62 persen dan 2,38 persen," tambahnya.

Saif mengaku kenaikan elektabilitas Anies-Sandi lantaran turunnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk membantu paslon nomor urut tiga itu melakukan kampanye di Jakarta. Adapun hasil survei tersebut menurutnya sekaligus membuktikan bahwa pendukung Prabowo pada Pilpres 2014 tetap solid.

"Sedangkan dukungan Ahok-Djarot dan Agus-Sylvi mengalami penurunan karena sebagian pendukung mereka tidak terlalu mantap dengan pilihannya," katanya.

Diketahui survei ISC dilakukan dengan responden sebanyak 691, dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner. Uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 persen dari total sample. Survei dilakukan dengan biaya internal lembaga ISC. [ok/MMC]
loading...

Subscribe to receive free email updates: