Wah Ini Lima Perbedaan Kopi dan Teh yang Perlu diketahui No 2 Pasti anda kaget

Lima Perbedaan Kopi dan Teh yang Perlu diketahui

Teh dan kopi menjadi minuman yang populer di kalangan masyarakat sejak zaman dulu. Kedua minuman ini memang memiliki pengemarnya masing dan keduanya dapat membantu merejamakan tubuh kita. Ada lima perbedaan antara teh dan kopi yang berperan terhadap identitasnya masing-masing.

Lima Perbedaan Kopi dan Teh

1. Tingkat kafein

Kopi memiliki jumlah kafein yang lebih besar dibandingkan teh. Kandungan kafein dalam secangkir teh adalah sekitar 55 mg, sedangkan dalam secangkir kopi adalah sekitar 125 mg. Kandungan kafein di dalam teh dapat meningkatkan konsentrasi, dan kafein dalam kopi justru membangkitkan perasaan cemas.

2. Pencegah kanker

Studi menunjukkan bahwa teh mengandung jumlah kuersetin yang sesuai untuk membantu melawan kanker serta penyakit kardiovaskular lainnya. Di dalam kopi, sepertinya kandungan ini tidak ditemukan. Studi lain juga menunjukkan bahwa tingkat penyakit kanker di Negara-negara Asia lebih rendah daripada Amerika, salah satu faktornya dikarenakan asupan teh yang lebih tinggi.

3. Mencegah nyeri

Di dalam teh juga mengandung beberapa bahan yang dapat membantu menghilangkan gangguan inflamasi dan radang sendi. Dengan ini juga kemudian akan mengurangi pembekuan darah. Di sisi lain, kopi dapat membantu penyakit asma dan penyakit Parkinson.

4. Efek antioksidan

Teh dan kopi memiliki antioksidan yang dapat membantu tubuh. Antioksidan yang dimiliki teh dapat melindungi tubuh dari stres akibat radikal bebas dan mengurangi kadar kolestrol di dalam tubuh. Sedangkan pada kopi, antioksidan dapat mengatur kadar gula darah serta mencegah batu empedu.

5. Tempat asal

Perbedaaan antara teh dan kopi yang terakhir ini dapat dibilang unik, namun tidak bisa disepelekan. Teh berasal dan diproduksi di Cina serta Indi, sedangkan kopi diproduksi di Ethiopia dan bagian lain di benua Afrika.

(Monalisa Darwin/Sumber: Intisari-Online/nationalgeographic.co.id)


loading...

Subscribe to receive free email updates: